Top Social

dan ceritanya

Senin, 17 Oktober 2016

Matrikulasi Ibu Profesional Sesi #1: Adab Menuntut Ilmu

Sudahkah menerapkan adab menuntut ilmu dalam keseharian?

Sungguh saya banyak tercerahkan oleh materi Adab Menuntut Ilmu. Sejauh yang saya tahu, dalam keseharian hidup kita selalu berhadapan dengan berbagai jenis adab, mulai dari adab makan, adab bicara, adab bertetangga, adab berteman, adab kepada orangtua, adab kepada guru, dan yang sedang menjadi topik pembelajaran matrikulasi ibu profesional yaitu adab menuntut ilmu.

Adab menuntut ilmu ini penting. Ini sebagai dasar dari pendidikan dan pembelajaran. Jika adab menuntut ilmu tidak diterapkan dengan baik maka seringkali kita kurang sungguh-sungguh dalam belajar dikarenakan merasa terbebani memahami suatu ilmu.

Kadang lupa menerapkan adab menuntut ilmu disebabkan ingin cepat-cepat selesai belajar dan lulus. Astaghfirullah. Ini kekeliruan kecil tapi berdampak besar bagi pembelajaran hidup.

Menurut Tim Matrikulasi Institut Ibu Profesional, "Menuntut ilmu adalah suatu usaha yang dilakukan oleh seseorang untuk mengubah perilaku dan tingkah laku ke arah yang lebih baik. Karena pada dasarnya ilmu menunjukkan kepada kebenaran dan meninggalkan segala kemaksiatan."

Sebagai seorang ibu, saya dituntut untuk senantiasa memperbaiki diri, tidak terlalu santai, tidak cepat puas dalam hal menuntut ilmu, harus total (tidak setengah-setengah) dalam belajar, siap konsisiten dan niatkan untuk belajar dengan sepenuh hati. Belajar memahami tentang adab terhadap diri sendiri, adab terhadap guru, dan adab terhadap sumber ilmu. Semoga saya dapat menerapkannya satu per satu sehingga mampu konsisten menjalani peran sebagai ibu pembelajar yang jauh lebih beradab.

Ingin mendapat ilmu yang berkah dan bermanfaat, pahami adab menuntut ilmu terlebih dahulu. Alhamdulillah.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar