Top Social

dan ceritanya

Senin, 17 Oktober 2016

NHW#1#Lita Hapsari#GRUP1

Satu jurusan ilmu yang akan saya tekuni di Universitas Kehidupan hanya Pendidikan Anak Usia Dini.

Alasan terkuat menekuni ilmu tersebut adalah setelah menikah dan dianugerahi seorang anak, saya semakin tertarik mendalami ilmu Pendidikan Anak Usia Dini. Sebab mendidik seorang anak usia dini di rumah pun membutuhkan kesungguhan dan kesiapan diri yang tidak bisa dianggap mudah. Sebelum langsung menjadi "tenaga pendidik" anak di rumah, maka saya harus menyiapkan diri saya terlebih dahulu untuk belajar ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini.

Saya senang meneliti anak sendiri. Dengan menelitinya, saya bisa tahu apa yang anak saya butuhkan, termasuk metode seperti apa yang akan saya terapkan sesuai usia dan perkembangannya pada saat itu. Bersyukur keluarga memiliki Yayasan Taman Kanak-Kanak yang sudah berdiri sejak tahun 1984, yaitu TK Kemuning Bogor. Ingin sekali saya menjadi salah satu tenaga pengajar di TK milik keluarga untuk mengaplikasikan ilmu pendidikan anak usia dini secara lebih umum, tak sekedar pendidikan di rumah. Saya yang baru menyadari bahwa setelah dianugerahi seorang anak, saya justru semakin bersemangat dan tergugah untuk mendalami ilmu pendidikan anak usia dini. Terlebih saya sangat menikmati mendidik anak batita saya di rumah.

Strategi menuntut ilmu yang akan saya rencanakan dalam bidang pendidikan anak usia dini, yaitu:
✅Pertama, saya banyak mengumpulkan referensi mengenai perkembangan anak usia dini sesuai usianya. Saya sudah membaca buku Ensiklopedia Perkembangan Bayi 0-2 tahun, Panduan Tumbuh Kembang dan Stimulasi Anak Usia 0-5 Tahun, Membesarkan Anak Hebat dengan Metode Montessori, dan Rumah Main Anak.
✅Kedua, saya mulai mempraktikkan ilmu pendidikan anak usia dini pada anak saya di rumah dengan membuat suasana rumah seperti layaknya sekolah bermain (playschool).
✅Ketiga, saya mengevaluasi hasil kerja saya selama proses pendidikan anak usia dini di rumah.
✅Keempat, saya mengadakan outing ke playground atau taman wisata di Kota Bogor untuk menambah wawasan anak.

Perubahan sikap yang saya perbaiki dalam proses mencari ilmu pendidikan anak usia dini salah satunya, saya jadi tidak terlalu terburu-buru ingin menyelesaikan bahan pengajaran anak usia dini di rumah. Saya harus mempelajarinya sampai tuntas untuk menikmati proses mendidik anak usia dini. Saya pun harus bersabar menghadapi anak usia dini yang cenderung mudah berubah tergantung minatnya pada saat itu.
2 komentar on "NHW#1#Lita Hapsari#GRUP1"
  1. Subhanallaah....keren bangeeet mbaaa...semoga allah mempermudah langkah mba lita yaa...

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah. Insya Allah mbak Ika. Aamiin. 😊

    BalasHapus