Top Social

dan ceritanya

Selasa, 15 November 2016

NHW#5#Lita Hapsari#GRUP1

πŸ“ BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR πŸ“ (Learning  How to Learn)

Senang sekali rasanya mendapat tugas-tugas penuh makna dari Nice Home Work Ibu Profesional Batch 2. Saya justru semakin bersemangat setiap membaca tantangan tugas-tugas NHW yang harus saya kerjakan. NHW demi NHW yang telah saya kerjakan ini betul-betul menguji "keprofesionalan" diri saya sebagai seorang perempuan, istri, juga ibu.

Saya merasa semakin tertantang dan menantang diri untuk terus belajar bidang keilmuan yang sudah saya pilih dan tetap saya minati sampai saat ini hingga nanti. Saya berminat pada ilmu manajemen, seni musik, dan setelah dianugerahi seorang anak saya berminat pada ilmu pendidikan anak usia dini. Saya ingin terus mengembangkan model pembelajaran termasuk metode pembelajaran apa yang saya pilih dan yang paling sesuai dengan kapasitas diri saya.

Materi tentang "Learning How to Learn" ini sudah sangat jelas bagaimana cara belajar yang efektif dan tepat sesuai minat (istilah lebih kerennya itu "passion"). Materi tersebut sekaligus menjadi acuan saya dalam membuat kurikulum pembelajaran bagi pribadi dan anak saya di rumah.

Menurut saya, design pembelajaran merupakan suatu dasar terciptanya konsep belajar secara berkelanjutan. Tanpa adanya design pembelajaran, maka ketika menemui rintangan (kesulitan) kita akan lebih cepat menyerah pada keadaan lalu menurunlah semangat belajar dan berujung pada malas untuk kembali belajar hal yang sebelumnya sudah dimulai. Mengingat waktu yang disediakan oleh Allah terbatas, bagi saya bonus waktu yang dihadiahkan Allah untuk kita sebagai seorang ibu pun harus dikelola sebaik mungkin. Sebab jika terlena dan menganggap masih ada waktu esok hari atau "nanti juga masih bisa belajar" maka rugilah kita, sebab waktu tak bisa menunggu.

Belajar adalah salah satu kebutuhan manusia yang waktu ketahanannya seumur hidup, tanpa batas, dan keuntungan lainnya dapat dijadikan bekal untuk kehidupan akhirat nanti. Beruntunglah orang-orang yang memiliki semangat tinggi untuk terus belajar walau minimal hanya mampu belajar dari kesalahan diri dan akhirnya mampu belajar membuat strategi untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Berikut saya lampirkan proses Design Pembelajaran yang sesuai dengan kapasitas diri saya:



Design Pembelajaran saya masih jauh dari kata sempurna. Bagi saya pribadi, tiada kesempurnaan tanpa hadirnya berbagai cara untuk memulai praktik belajar dari proses percobaan yang memakan waktu tak cukup 24 jam x 365 hari. Kalau kata ibu Septi, perlu 10.000 jam terbang agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Misi hidup saya salah satunya adalah menjadi seorang wanita pembelajar. Hanya diri sendiri lah yang mampu menentukan pilihan mau mulai belajar atau menunda belajar dengan alasan "nanti juga masih bisa belajar".
Be First to Post Comment !
Posting Komentar