Top Social

dan ceritanya

Selasa, 06 Desember 2016

NHW#8#Lita Hapsari#GRUP1

MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

Jujur, saya semakin bersemangat mengerjakan NHW 8 kali ini. Terkait dengan misi hidup dan produktivitas, selama hampir 3 tahun menjalankan peran sebagai seorang istri dan hampir 2 tahun menjalankan peran sebagai seorang ibu. Saya merasa pembelajaran berharga dan penuh makna yang saya dapat selama proses menjalankan tugas sebagai ibu rumah tangga, pekerja seni freelance, pengajar sekaligus pendidik anak usia dini di rumah menjadi pelengkap keseharian sekaligus penyempurna kehidupan saya. Bagi saya, belajar itu butuh kemauan yang kuat sekaligus memegang erat prinsip menjaga visi dan misi yang sudah ditentukan.

Sesuai materi ke-8 pada program matrikulasi ibu profesional batch 2 tentang betapa pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga, terlebih menambah waktu produktif bagi saya pribadi. Saya tergolong salah satu dari orang yang memiliki idealisme dan terlalu percaya diri bahwa cara saya adalah yang paling sesuai untuk kapasitas diri saya. Saya tidak mudah terpengaruh oleh trend atau segala sesuatu yang sedang populer pada saat tertentu. Saya senang melakukan kegiatan dan ikut serta dalam komunitas-komunitas yang menunjang potensi dalam diri saya. Bagi saya kegiatan produktif itu sudah sangat membuat diri saya bahagia dan menerima diri saya sepenuhnya.

Dalam penerapan menggali potensi diri secara teknis akan saya uraikan sebagai berikut:

a. Ranah aktivitas pada kuadran SUKA dan BISA, yaitu Mengikuti Program Pelatihan Pendidikan Montessori untuk anak usia dini ✅

b. “BE  DO HAVE” versi saya :
1. BE: Saya ingin menjadi seorang pendidik anak usia dini. Saya ingin menjadi guru yang pertama dan utama mendidik anak saya di rumah, khususnya pendidikan dengan metode montessori.
2. DO: Saya ingin melakukan metode pengajaran terbaik untuk semua anak usia dini, terlebih melakukan metode pengasuhan serta pengajaran terbaik bagi anak saya. Saya sudah melakukan pelatihan (workshop) Montessori at Home selama 20 jam (5 hari) di Aruna School Development Consultant, Tangerang Selatan.
3. HAVE: Saya ingin memiliki sekolah anak usia dini dengan metode pendidikan Montessori Islami. Keinginan saya ini sedang saya kembangkan minimal project-project kecil yang sudah saya tentukan dan bisa saya terapkan secara langsung pada anak di rumah dan kesempatan menjadi fasilitator Montessori at Home di TK Kemuning Bogor dapat membawa saya menuju project besar, yaitu memiliki sekolah anak usia dini. ✅

c. 3 aspek dimensi:
1. Yang ingin saya capai dalam kurun waktu kehidupan saya (lifetime purpose): saya menjadi seorang pembelajar sepanjang hidup. Saya terus fokus mempelajari ilmu manajemen yang sudah menjadi pilihan sekaligus tanggung jawab saya setelah memutuskan melanjutkan pendidikan strata 1 dan ilmu pendidikan anak usia dini dengan mengikuti pelatihan yang tertuju pada perkembangan pendidikan anak usia dini.
2. Yang ingin saya capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan): Saya ingin mengikuti program Diploma Montessori. Sedang berstrategi mencapai tujuan menjadi ahli pendidikan anak usia dini dengan metode Montessori.
3. Yang ingin saya capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution): Saya ingin menjadi fasilitator Montessori at Home dan guru volunteer pada program peduli pendidikan anak usia dini. ✅

Bersyukur alhamdulillah saya sudah memulai perubahan demi perubahan. Walau harus menuntut ilmu dengan jarak jauh pun saya selalu perjuangkan demi tercapainya tujuan menjadi ahli dalam pendidikan anak usia dini.
1 komentar on "NHW#8#Lita Hapsari#GRUP1"
  1. aamiin..semoga allah memudahkan langkah mba lita untuk mencapai semua itu yaa

    BalasHapus