Top Social

dan ceritanya

Jumat, 24 Februari 2017

Tantangan 10 Hari Apresiasi Kemandirian (Level2_Hari1_Lita Hapsari_Kelas Bogor 2)

Sudah memasuki level 2 kelas Bunda Sayang. Tantangan 10 hari ini sebaiknya dilakukan secara konsisten dan komitmen dengan penerapan yang disesuaikan dengan ciri khas keluarga kami.

Saya yang berperan sebagai pendidik pertama dan utama bagi anak merasakan bahwa pendidikan yang menumbuhkan karakter dan kemandirian anak usia dini harus diprioritaskan. Terlebih anak saya berusia 2 tahun 1 bulan (25 bulan) masih masa-masa periode sensitif menyerap kebiasaan baik sampai yang tidak baik di keluarga. Oleh karena itu saya sebagai ibu dan suami sebagai ayah perlu sekali membiasakan diri menerapkan kebiasaan baik supaya menjadi teladan bagi anak. Anak meniru kebiasaan kedua orangtuanya.

Target pertama dan utama dalam apresiasi kemandirian anak berupa One Week One Skill yang akan diterapkan selama 1 minggu (7 hari) ini, yaitu "Aku Bisa Makan Sendiri". Bersyukur rasanya dikaruniai anak yang memiliki inisiatif untuk mandiri. Sesuai dengan metode montessori yang sampai saat ini saya tularkan ilmunya dan diterapkan di rumah sehingga menjadi gaya hidup dalam keseharian keluarga kami. Kalau dalam metode montessori, area keterampilan hidup harus sudah "lulus" terlebih dahulu sebelum memasuki area lainnya.

Saya fokus melatih anak usia 25 bulan untuk makan sendiri di meja makan. Bukan asal bisa makan sendiri. Anak berlatih makan sendiri pun harus paham keteraturan dan budaya keluarga. Kami selalu makan di meja makan, anak melihat bahwa kedua orangtuanya memberi teladan padanya bahwa makan itu kegiatannya di area meja makan bukan sambil jalan-jalan atau bermain.

Budaya dalam keluarga kami yang harus diterapkan sejak kecil adalah keteraturan dan mengetahui fungsi furniture yang ada di rumah. Sehingga anak paham dan dapat memaksimalkan semua yang ada di rumah tanpa harus mencari-cari yang tidak ada di rumah, sekaligus ada pembelajaran tak langsung bagi anak, yaitu bersyukur dengan apa yang sudah ada.

Tantangan hari 1 dalam apresiasi kemandirian anak usia dini bermula dari keteraturan dan budaya (kebiasaan) orangtua dirumah.


#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian

Be First to Post Comment !
Posting Komentar