Top Social

dan ceritanya

Kamis, 20 Juli 2017

Hasna suka Angka Dua (usia 2 tahun 6 bulan)

"Dua.. Dua..", Hasna berkata sambil menunjuk ke atas dinding rumah. Ooh.. Ternyata dua cicak yg sedang berjalan beriringan ia amati sambil posisi tiduran di sofabed.

Dasar pengenalan matematika pada anak usia dini sebetulnya tidak susah sekaligus juga tidak mudah. Hmm.. Kembali ke minat anak, kebetulan anak kami senang berhitung. Semua hal ia hitung sendiri dan bahkan sebelum tidur pun ia sering berbisik-bisik untuk sekedar berhitung "one to ten" menggunakan Bahasa Inggris yg saya sendiri pun masih bingung betapa ajaibnya seorang anak menerima informasi yg begitu cepat saat kami pernah iseng menghitung ikan dalam aquarium di sebuah restoran.

Saya jarang bertanya, "ini berapa?". Pasti dia jawab ulangan, "berapa". Tapi saat ada benda atau hewan di depan matanya ia langsung saja menyebut "Itu dua.. Itu tiga..". Usia anak kami 2 tahun 6 bulan. Sejak usia awal 2 tahun ia kadang terlihat aneh, senangnya main sendiri mengelompok-ngelompokkan benda-benda sesuai bentuk. Lalu disortir sendiri dan semua dia yg mengatur sendiri. Diluar konsep karena anak saya cara belajarnya termasuk unik dan tak mudah ditebak. Matematika bagi seorang batita itu masih perlu pendekatan lebih dalam tak hanya sekedar hapal angka tapi tahu satu itu sebanyak apa, dua itu seberapa banyak, dan tak perlu dipaksa pun ia punya inisiatif mencari tahu. Paling saya ajak baca buku berbahasa Inggris berjudul "Guess How Much I Love You Counting". Anak usia dini cepat sekali paham walau saya tak menggunakan kata pengantar berbahasa Inggris. Mungkin saya seorang pendidik anak yg tidak kaku melainkan fleksibel melihat minat dan kebutuhan anak untuk mempelajari segala sesuatu yg ada di sekitar anak.


#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIip
#ILoveMath
#MathAroundUs

Be First to Post Comment !
Posting Komentar