Top Social

dan ceritanya

Rabu, 06 September 2017

Aliran Rasa Tantangan "Semua Anak Adalah Bintang"

Potensi kecerdasan anak harus terus digali oleh kedua orangtua. Sepemahaman saya, potensi anak akan terlihat jika sering diberi kesempatan mencoba berbagai stimulasi sesuai tahap perkembangan di usia tertentu.

Kalau saya perhatikan, anak saya banyak menunjukkan potensi intrapersonal. Di kelas bermain ada 10 orang anak, Hasna dekat dan nyaman hanya dengan beberapa anak saja. Saya ingat selasa lalu saat Hasna dan temannya bernama Arkhan sedang bersama-sama main "tebak ada di mana bolanya?" di ruang transisi dan saya perhatikan anak saya banyak mengalah dari temannya yg lebih banyak ingin memegang dan terus mencari bola kecil berwarna oranye. Sempat ada perselisihan kecil ala anak-anak usia 2-3 tahun, rebutan mainan sudah biasa. Tapi melihat Hasna dia mau mengalah untuk temannya yg ingin terus main. Sejak awal bertemu teman-temannya, Hasna bisa melihat berbagai karakter anak lainnya yg berbeda dari dirinya. Saya bisa merasakan ada stimulasi kecerdasan interpersonal. Anak-anak belajar antre dan bergantian main mainan tertentu. Saya sih jujur saja malah seru melihat keragaman yg ditunjukkan dari tiap anak. Di sisi lain saya sering membicarakan pola keseharian anak-anak usia 2-3 tahun bersama orangtua anak yg Hasna bisa merasa nyaman bermain dengan anak dari ibu yg saya ajak ngobrol semua tentang anak. Bukan membicarakan konsep parenting mana yg terbaik, karena bagi saya setiap keluarga itu punya ciri penerapan metode parenting masing-masing. Keberagaman metode parenting membuat kami pun menjadi saling memahami bahwa budaya yg dibawa masing-maing keluarga berpengaruh terhadap pola rutinitas yg ditujukan pada anak.

Tantangan membersamai Hasna masih sangat banyak. Perjuangan masih panjang. Berusaha terus memberi kesempatan anak untuk mencoba berbagai hal baik. Kalau anak tidak suka dengan cara saya, saya akan terus cari cara lain sampai saya paham apa yg dibutuhkan oleh anak.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar