Top Social

dan ceritanya

Minggu, 10 Desember 2017

Sentuhan Ibu Talk Show Bersama Mommiesdaily dan Nivea





Jarang sekali talk show yang menghadirkan topik mengenai anak-anak berkebutuhan khusus dan cara mendidiknya. Minggu sore ini saya berkesempatan hadir dalam tema "Sentuhan Ibu Talk Show" yang diselenggarakan oleh Mommiesdaily dan Nivea.



Anak berkebutuhan khusus bukanlah aib. Kita sering mendengar stigma negatif dari masyarakat bahwa anak berkebutuhan khusus tidak mampu berprestasi, tidak mampu mandiri, dan tidak mampu belajar. Tapi lihatlah, banyak sekali anak-anak berkebutuhan khusus yang masih mampu berprestasi, bisa mandiri tanpa mempersulit dirinya sendiri, mereka pun mampu belajar perlahan-lahan tapi pasti.

Siapa yang berperan paling besar dalam mendidik anak-anak berkebutuhan khusus ini? Tentu saja orangtua yang penuh sabar dan ikhlas mendidik putra-putri istimewa. Terutama peranan ibu yang penuh kasih dalam mendidik dan membersamai tumbuh-kembang anak-anaknya.



Mendengar paparan dari Yola Tsagia selaku Founder Indonesia Rare Disorders Community, anak-anak berkebutuhan khusus hanya perlu didukung oleh lingkungan yang tepat. Penerimaan anak-anak istimewa ini tidak sama seperti penerimaan pada anak normal. Butuh ketelatenan, kesabaran yang tinggi, dan belajar untuk terus memahami kondisi buah hatinya yang berbeda dari anak lainnya. Beruntunglah bahwa semakin banyak komunitas yang ramah terhadap keluarga dengan anak berkebutuhan khusus.

Tuhan tidak menciptakan produk gagal. Ada makna istimewa mengapa disekitar kita pasti ditemui anak-anak yang berbeda dengan anak pada umumnya. Mereka ini memberi kita makna hidup yang sesungguhnya, bahwa mencintai hidup adalah mencintai ketidaksempurnaan.

Sentuhan ibu mampu membentuk karakter dan mengembangkan potensi anak. Kasih sayang dan sentuhan hangat dari orangtua adalah modal utama dalam mendidik anak.



Menurut psikolog Anggiastri Hanantyasari, ada cara untuk memfasilitasi berkembangnya potensi anak, yaitu:
1. Sentuhan Ibu,
2. ‎Mengoptimalkan sarana yang ada di rumah untuk meningkatkan kemampuan anak,
3. ‎Komunikasi antara orangtua dengan sekolah harus satu visi dan konsisten.

Ilmu hari ini sangat berguna untuk memahami perkembangan anak berkebutuhan khusus. Mereka bukan lambat, namun mereka belajar secara perlahan. Terima kasih Mommiesdaily dan Nivea atas kesempatannya.




Be First to Post Comment !
Posting Komentar