Top Social

dan ceritanya

Rabu, 28 Februari 2018

Kalkulator vs Hemat Anggaran Belanja



Casio SL-310UC-BK


Ibu sebagai manajer keuangan keluarga tentu memiliki cara tersendiri dalam mengatur pola arus kas keluarga. Bagi saya, kalkulator adalah benda favorit saya sejak zaman sekolah. Teringat kalkulator Casio Scientific yang sering saya gunakan sejak SMP hingga bekerja. Dahulu belum ada smartphone seperti sekarang yang kalkulatornya memiliki fitur riwayat perhitungan sebelumnya dan bisa dilihat sewaktu-waktu jika tiba-tiba lupa mengingat total perhitungan.

Kebiasaan saya sebagai ibu hemat adalah selalu menggunakan kalkulator setiap belanja. Kalau dihitung menggunakan kalkulator, saya bisa mengerem belanja yang tidak diperlukan.

Ritual sebelum belanja, saya selalu mencatat kebutuhan yang akan dibeli dalam aplikasi to-do-list. Mencatat manual menggunakan kertas dan pensil pun masih saya lakukan jika harus berbelanja ke pasar tradisional.

Setelah mencatat dalam to-do-list, sebelum berangkat belanja saya memastikan membawa uang yang cukup alias tidak berlebihan.

Hal yang tidak pernah saya lakukan di pasar tradisional adalah berhitung menggunakan kalkulator. Saya hanya yakin harga di pasar tradisional masih lebih murah dari pasar modern.

Giliran harus ke supermarket, saya wajib buka handphone dan menggunakan aplikasi kalkulator untuk menghitung jumlah belanja kebutuhan di supermarket. Saya terbiasa menghitung harga produk dengan membandingkan ukuran atau volume dari besaran produk yang akan saya beli apakah membeli produk lebih besar akan lebih murah atau sama saja jika saya hanya membeli produk ukuran kecil.

Misal harga kecap ukuran 100ml Rp. 5.000,- maka saya akan hitung Rp. 5.000,-/100ml = Rp. 50,-
Jika harga kecap 300ml Rp. 10.000,- saya hitung Rp. 10.000,-/300ml = Rp. 33,33,-
Lalu bandingkan selisihnya. Buat kesepakatan berdasarkan asumsi subjektif jika hanya berbeda tidak lebih dari 20%, saya tidak akan membeli produk ukuran besar. Saya jadi paham bahwa produk ukuran besar tidak selalu murah. Terlebih khusus kosmetik, saya anti membeli ukuran besar karena kualitas berkurang sedikit jika kemasan telah dibuka.

Dari kebiasaan selalu menghitung hingga ke bagian terkecil, saya bisa berusaha untuk menabung dari upaya menghemat anggaran belanja. Hasil tabungan ini biasanya saya gunakan untuk mengikuti pelatihan atau workshop yang saya perlukan untuk pengembangan diri. Hasil dari berhemat ini saya bisa mengikuti workshop montessori dan pelatihan khusus untuk membuat kurikulum sekolah. Saya jadi lebih pede mendidik anak di rumah. Membuat jauh lebih hemat kan karena anak saya tidak perlu kursus tambahan untuk belajar. Ibunya sendiri bisa mendidiknya dengan terus belajar bersama anak.

Mood booster saya dari masa sekolah adalah berhitung. Saya tidak terlalu senang menghapal, saya lebih senang berkutat dengan banyak angka dan itu melatih saya untuk meningkatkan konsentrasi berpikir. Kalkulator Casio SL-310UC-BK ini kece banget. Saya bisa bawa ke mana-mana tanpa takut dikira mau dagang di pasar. Hihihi...



Ada leather casing berwarna putih yang bisa menyamarkan bahwa saya sedang menggunakan kalkulator saja (bukan smartphone) saat berbelanja di supermarket. Daaan... warnanya hitam... warna kesukaan saya. Sesuai sekali dengan hasil dari whatsyourcolor.id saya itu sesuai karakter warna hitam. Kalkulator 10 dijit yang sesuai kebutuhan saya sebagai manajer keuangan keluarga.



Fitur lainnya adalah bisa menghitung anggaran pajak. Nah, ini nih yang bagi saya paling penting. Kita wajib bayar pajak, sehingga berapapun uang yang kita belanjakan tidak pernah luput dari pajak. Makan di restoran saja kena pajak restoran kan? Belanja juga ada pajak pertambahan nilai (PPN). Pajak bisa banget dihitung pakai kalkulator Casio ini. Simple, kece, dan bermanfaat sekali. Saya suka produk-produk Casio. Sejak dahulu belajar hitung Fisika dan Kimia, termasuk matematika. Kalkulator Scientific Casio jadi andalan banget. Mengatur keuangan dan investasi juga ada lho kalkulator khusus keuangan dari Casio. Kalau yang ini punya banyak warna yang disesuaikan dengan warna favorit dan karakter kamu.

Saya beli kalkulator Casio SL-310UC-BK ini dari mataharimall.com menggunakan kode voucher CASIOBLOGBA35M35. Promo code bisa digunakan di website MatahariMall dengan link Colorful Casio Calculator. Yuk, kita rajin berhitung anggaran belanja menggunakan Casio Calculator.
Be First to Post Comment !
Posting Komentar