Top Social

dan ceritanya

Selasa, 13 Februari 2018

Pertolongan Pertama Masalah Makan Pada Anak Balita


litahap.com berbagi cerita untuk #AventSahabatBunda #TUMBloggersCompetition


Sejak bayi lahir, Ia sudah mendapatkan rezeki makanan terbaik berupa Air Susu Ibu (ASI). Nutrisi dalam ASI sudah sesuai dengan kebutuhan bayi dan sangat cocok dengan sistem pencernaan bayi. Menurut para ahli kesehatan anak, ASI paling sedikit diberikan selama 6 bulan atau sering disebut ASI Eksklusif. Nutrisi pertama dan utama bagi seorang bayi 0-6 bulan sudah didapat semua kebaikannya dari ASI. Memasuki usia 6 bulan, seorang bayi perlu Makanan Pendamping berupa makanan padat pertama, yaitu Makanan Pendamping ASI (MPASI). Selanjutnya setelah usia 1 tahun, anak dapat diberikan makanan keluarga yang sama dengan anggota keluarga lain.


Cari Cara Kreatif Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Masa pemberian MPASI disebut sebagai tahap pertama si kecil belajar makan. Si kecil belajar merasakan berbagai tekstur makanan sesuai perkembangan oromotornya. Bersyukur, perjalanan MPASI putri saya sudah dilalui dengan lancar tanpa drama. Sekarang Ia sudah berusia 3 tahun 1 bulan, tentu tidak berhenti sampai MPASI saja dalam hal pemenuhan nutrisi makro dan mikro bagi anak balita. Justru kesuksesan pemberian MPASI terlihat saat anak tumbuh sesuai grafik pertumbuhan dan tidak mengalami masalah makan. Menurut pengalaman saya, masalah makan pada anak biasanya timbul ketika anak mengalami gejala sakit dan tumbuh gigi.

Fase tantangan tumbuh-kembang anak sangat terasa di kala sakit dan tumbuh gigi. Si kecil yang sudah balita malas mengunyah makanannya. Pertolongan pertama masalah makan pada anak balita, yaitu cari cara kreatif supaya si kecil tetap mendapat nutrisi terbaik dan gizi seimbang dari makanannya. Terlebih ketika anak merasakan tidak nyaman kala mengunyah makanan. Hal ini dialami putri saya saat tumbuh gigi geraham, ia jadi malas mengunyah.

Saat anak mengalami masalah makan, biasanya berpengaruh pada grafik pertumbuhan. Hal yang paling sering dipermasalahkan dari pertumbuhan anak adalah berat badan anak yang tak kunjung bertambah. Kerap kali grafik pertumbuhan anak membuat ibu stress karena berat badan dan ukuran tinggi badan anak sangat terlihat secara fisik. Namun saya memiliki cara tersendiri supaya lebih rileks menghadapi segala tantangan perkembangan anak balita yang selalu menjadi bagian dari perjalanan tumbuh-kembang si kecil.



Philips AVENT Mini Blender: Solusi Kebutuhan Nutrisi Anak

Philips AVENT Mini Blender SCF860

Philips AVENT Mini Blender SCF860 yang sudah 5 tahun bersama membantu saya memberikan nutrisi terbaik untuk anak. Sejak sebelum menikah, saya sudah memilih Philips AVENT untuk membantu memenuhi nutrisi harian berupa jus buah yang dibuat tanpa gula atau pemanis tambahan (dikonsumsi sendiri). Hingga setelah menikah, masa kehamilan, menyusui, MPASI, Philips AVENT mini blender masih memberikan kinerja pengolah makanan terbaik. Selain ukuran blendernya yang tepat untuk mengolah makanan porsi kecil, saya masih sering membuat jus buah segar menggunakan Philips AVENT karena hasilnya pas untuk 1 porsi.

Smoothie Pisang Strawberry, minuman sehat yang diolah menggunakan Philips AVENT Mini Blender SCF860

Langkah dari bagian cari cara kreatif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak, yaitu menggunakan Philips Avent mini blender untuk menghaluskan buah-buahan segar menjadi juice dan smoothie. Selain mudah dibuat, smoothie buah mampu memenuhi kebutuhan nutrisi anak balita. Hal yang bagi saya sangat penting, sebab anak terus tumbuh dan semakin membutuhkan makanan serta minuman sehat yang mendukung proses pertumbuhan dan perkembangannya.

Setiap ibu (dan ayah) merasa bahagia saat melihat si kecil tumbuh dan berkembang dengan sehat dan ceria. Semua momen tumbuh-kembang si kecil akan sangat berharga melalui #TUMBloggersCompetition mengingat setiap prosesnya terasa serba cepat. Si kecil tentu senang ketika ia mendapat perhatian penuh dari ibu dan ayahnya. Tak hanya perhatian berupa kasih-sayang, stimulasi dan nutrisi terbaik yang diberikan secara bertahap sesuai usia anak pun menjadi sangat penting untuk menjadikan anak siap tumbuh dan berkembang secara optimal.

Apresiasi Cinta Bunda dari Philips untuk Bunda dan si buah hati

Philips AVENT mini blender telah menjadi solusi sekaligus pertolongan pertama masalah makan pada anak balita. #AventSahabatBunda telah membersamai tumbuh-kembang si kecil menjadi semakin menyenangkan berkat kemudahan serta fungsi dan manfaat yang diberikan sekaligus oleh Philips AVENT sebagai bentuk Apresiasi Cinta Bunda.


Solusi Kebutuhan Nutrisi Anak #AventSahabatBunda #TUMBloggersCompetition

4 komentar on "Pertolongan Pertama Masalah Makan Pada Anak Balita"
  1. Salam kenal Mbak. Awet banget ya kalau produk2 Philips memang. Bisa 5 tahun gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal kembali Mbak Pipit.

      Betul Mbak. Philips AVENT produk andalan banget. Terpakai terus, tahan lama, dan fungsional. Philips AVENT mini blender sejak ada yg 2in1 steam and blend sudah gak dijual. Saya beli Januari 2013. Sudah 5 tahun lebih pakai Philips AVENT mini blender. Terbukti awet.

      Terima kasih untuk komentarnya Mbak Pipit :)

      Hapus
  2. Philips Avent memang bagus dan berkualitas ya mba. Banyak orang yang tetap memakai Philips hingga sekarang, terutama untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mbak Amallia Sarah,

      Philips menjadi elektronik andalan rumah tangga. Terlebih Philips AVENT, memahami ibu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak. Penasaran pakai pompa ASI-nya, next buat anak kedua. Hihihi...

      Terima kasih atas komentarnya Mbak Amallia :)

      Hapus