Top Social

dan ceritanya

Senin, 05 Maret 2018

Belajar Membuat Vlog Untuk Blogger



Vlogger bukan hal asing lagi bagi para penggemarnya. Saya sendiri sesekali suka menyimak para vlogger beropini tentang apa yang menjadi passion-nya dalam membagikan informasi bermanfaat. Tidak jauh dari blogger, vlogger pun memiliki tujuan memaksimalkan sarana digital sebagai media membagikan informasi melalui bentuk video.

Tanggal 4 Maret 2018 hari Minggu yang lalu, saya mendapat kesempatan mengikuti Workshop Vlog dari Komunitas ISB dan CNI. Mengangkat tema create your story with smartphone, Ani Berta selaku Founder dari ISB menjelaskan pentingnya memaksimalkan teknologi yang berada pada genggaman kita, yaitu smartphone. Melalui ponsel pintarlah kita bisa menghasilkan karya dan terus memberdayakan diri sesuai minat yang kita miliki. Kalau saya kan minatnya menulis, tentu saja memiliki blog pribadi menjadi keputusan penting dalam mengembangkan ide dan memperlebar kesempatan saya untuk belajar terus menjadi blogger yang dapat memberikan informasi bermanfaat bagi para pembaca setia.

Dengan workshop Vlog ini saya berharap bisa mengikuti tren membuat video yang sarat informasi bermanfaat. Ditambah memang sedang belajar membuat konten video dan menambahkannya di blog pribadi. Nggak ada salahnya kan blogger belajar membuat vlog?

Kang Dudi Iskandar, Narasumber Workshop Vlog menjelaskan banyak hal terkait langkah-langkah membuat vlog. Saya jelaskan kembali pengarahan Kang Dudi mengenai kelebihan konten yang dibuat dalam bentuk video.

Apa itu Vlog?
Vlog adalah Video Log atau Catatan Video

Beda Youtuber dan Vlogger
1.    Konten Vlogger dipastikan ada cerita tentang keseharian kita
2.    Konten Youtuber bisa apa saja tidak mesti tentang cerita keseharian kita.

Mau sedikit bercerita ya kalau saya ini penikmat video-video konser musik di Youtube. Nah konser musik dan tutorial permainan piano dari lagu tertentu ditambah chord pianonya tentu membuat saya bisa belajar musik di mana saja. Seru kan?

Kalau Vlogger yang pernah saya tonton jenisnya sering berupa Make-Up Tutorial dan Review Skincare yang bagi saya sebagai seorang perempuan tentulah sangat bermanfaat mengingat selalu menjadi bagian dari keseharian saya.

Menurut Kang Dudi Iskandar, seorang Vlogger minimal harus memiliki 4 kemampuan dasar:
1.   Mampu mengoperasikan smartphone
2.    Mampu mengedit
3.    Mampu membuat naskah
4.    Mampu menyebarluaskan.

Kira-kira alat apa saja yang dibutuhkan oleh seorang vlogger?
✅Smartphone
✅Tripod
✅Monopod/Tongsis/Steady Cam
✅Remote control
✅Holder tripod
✅Microphone tambahan
✅Voice recorder/alternatif

Teknik Shooting
Longshoot: biasanya vlogger menggunakan teknik longshoot untuk merekam opini yang menjadi sumber informasi
Cut to cut: untuk mempromosikan produk lebih efektif menggunakan teknik cut to cut

Workshop vlog bersama Kang Dudi mengutamakan smartphone Android sebagai piranti untuk membuat vlog. Seru banget deh, saya ternyata jadi bisa membuat dan mengedit video menggunakan aplikasi Legend dan Power Director. Woohoo... Suatu kepuasan tersendiri karena dapat pembelajaran baru dan bisa banget diaplikasikan untuk memaksimalkan konten blog pribadi supaya lebih variatif.

Berikut saya bagikan konten tutorial minimalis ala pemula. Sejujurnya baru dikulik sedikiiit banget tapi kok lumayan ok juga ya buat bikin konten belajar anak homeschooling yang visual-auditori. Silakan disimak.

Cara membuat Teks Animasi menggunakan aplikasi Legend sekaligus mengeditnya di Power Director. Bisa diunduh langsung dari Playstore.



Nih... saya juga bagikan video dari keseruan acara Blogger Gathering: Workshop Vlog tanggal 4 Maret 2018 kemarin.




Daaan... yang paling bermanfaat adalah goodie bag dari CNI. Saya dapat Up Hot Dark Chocolate, ini enak banget lho. Pas buat menemani ngetik Berbagi Cerita buat litahap.com

CNI Up Hot Dark Chocolate ini enak banget

Sekilas tentang Bisnis CNI yang sudah saya kenal sejak saya SD, kebetulan orangtua saya mantan distibutor CNI di tahun 90-an. Produk andalan CNI yang masih jadi favorit saya dan keluarga adalah Coffee Ginseng, Vitasigi F, dan Nutrimoist. Produk CNI yang paling spesial dan luar biasa bermanfaat adalah Nutrimoist. Saya masih ingat kemasan Nutrimoist tahun 90-an masih dengan kemasan guci berwarna putih yang cantik. CNI Nutrimoist sekarang hadir dengan kemasan tube, Nutrimoist ini mampu menghilangkan bekas luka akibat sering terjatuh sewaktu saya masih kanak-kanak. Saya inget banget dulu sekitar usia 7,5 tahun pernah jatuh terperosok ke dalam jurang bersama sepeda yang saya naiki. Luka di mana-mana dan lebam-lebam ditambah benjol. Nah, CNI Nutrimoist inilah yang jadi penyelamat sekaligus penghilang luka dan lebam serta bisa mengempiskan benjol di dahi saya. Setiap dioles ada sensasi hangat dan lembap. Produk terbaik deh pokoknya.

Untuk pembaca setia litahap.com, semoga informasinya bermanfaat ya. Silakan langsung praktik di smartphone masing-masing.
10 komentar on "Belajar Membuat Vlog Untuk Blogger"
  1. Makasih mbak sharingnyabjadi tau perbedaan vlogger sama youtubers

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak Tati. Semoga bermanfaat ya. :)

      Hapus
  2. oh jadi pakai legend dan power director ya. noted.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung praktik di smartphone-mu ya :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Serunya karena selalu penasaran kulik aplikasinya lebih lanjut dan hasilnya cukup memuaskan untuk pemula seperti saya :)

      Hapus
  4. Tiap moment jika dibuatkan Vlog sangat menarik dan hidup moment nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Teteh. Menghidupkan moment dari photo dan video yang diracik melalui Vlog bisa langsung dirasakan secara visual :)

      Hapus
  5. Rajin bikin video anak ya mbak. Kebetulan anakku juga visual-auditori jadi bisa sekalian sontek kegiatan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga saling menginspirasi kegiatan anak ya Mbak :)

      Hapus